Total Tayangan Halaman

About Me

Foto saya
Cilincing Jakarta utara, DKI Jakarta, Indonesia
Hi, it's me,! my name is ANDA and I am a student from SMK 36 Jakarta, the field of fisheries expertise. This blog is about my personal life and my favorite post , fishery,tourism and more. You can find me on Facebook, Multiply, Posterous, and Friendster. Read more about me.

Kamis, 23 September 2010

Hades


sang dewa penguasa dunia bawah alias neraka dalam mitologi Yunani ? Sebenarnya tidak ada alasan khusus, hanya sekedar menyamakan dan mengidentikkan diri dengan tokoh paling “gelap” dan “misterius” dalam mitologi itu।



Hades adalah dewa penguasa dunia bawah (underworld) dalam mitologi Yunani. Underworld sering diidentikkan dengan neraka atau tempat bersemayamnya roh-roh orang yang sudah mati. Dalam mitologi itu, underworld adalah Tartarus, sebuah tempat dimana Hades sangat berkuasa. Gerbang depan Tartarus dijaga oleh anjing berkepala tiga yang disebut Cerberus. Setiap roh orang yang telah mati akan menuju ke Tartarus, dan dewa yang bertugas mengantar roh orang mati itu adalah Hermes, sang utusan.

Hades adalah anak kedua dari Chronus dan Rhea, sang penguasa Olimpia sebelum Zeus. Chronus mempunyai 6 anak yaitu Zeus, Hades, Poseidon, Hestia, Demeter, dan Hera. Semua anak-anaknya ini sesudah dilahirkan direncanakan akan dibunuh oleh Chronus dengan memasukkan mereka kedalam mulutnya. Tetapi Zeus berhasil melarikan diri dan bersama dengan kelima saudaranya yang lain, mereka membunuh Chronus dan Zeus ditetapkan sebagai penguasa Olympia alias dewa tertinggi diantara dewa-dewa olimpia yang lain.

Hades dikenal juga dengan nama lain yaitu Pluto dalam mitologi Romawi Kuno atau Aides, tetapi orang lebih mengenalnya sebagai Hades sang penguasa Tartarus. Meskipun Hades berkuasa atas tempat orang mati, Hades bukanlah kematian/maut itu sendiri. Dewa yang bertugas untuk mengambil nyawa orang lain adalah Thanatos, dan bukan Hades.

Dalam mitologi Yunani, Hades digambarkan sebagai seorang yang berkepribadian gelap, tertutup, kejam, dan hampir selalu diidentikkan dengan kematian, walaupun dia bukanlah dewa kematian. Penggambaran fisik Hades dalam gambar-gambar dewa Yunani adalah seseorang yang besar, bertubuh gelap, berjanggut lebat, memakai mahkota di kepalanya, dan memegang tongkat (staff) yang melambangkan kekuasaannya atas dunia bawah. Hades hampir selalu dibenci dan ditakuti oleh manusia mortal. Bahkan boleh dikatakan tidak ada satu tempat pemujaanpun yang diperuntukkan khusus untuk Hades.

Ratu Underworld adalah Persephone, putri dari Zeus dan Demeter, sang dewi kesuburan bumi. Hades tidak menikahi Persephone dengan cara yang baik-baik. Dia menculik Persephone dan menyekapnya dalam Tartarus. Tentu saja ibunya, Demeter sangat marah dan sedih kehilangan anaknya. Bahkan Zeus-pun tidak berkuasa untuk mengembalikan Pesephone kembali kepada Demeter. Saking sedihnya Demeter, dia tidak lagi memberikan kesuburan di bumi, musim dingin berkepanjangan, dan tanaman tidak dapat tumbuh lagi di bumi. Banyak orang yang menderita akibat kesedihan Demeter yang kehilangan Persephone. Untuk mencegah bumi lebih menderita lagi, maka Hermes, sang utusan, bertugas sebagai mediator antara Hades dan Demeter agar Persephone dibiarkan bertemu kembali dengan ibunya. Hades membolehkan Persephone bersama ibunya selama setahun. Setelah itu Demeter kembali menyuburkan bumi.

Penggambaran Hades dan Tartarus adalah penggambaran tentang kegelapan dan kemisteriusan. Biasanya hal-hal yang gelap dan misterius selalu diidentikkan dengan kematian, walaupun kematian itu sendiri berbeda. Hades bukanlah kematian, tetapi Hades berkuasa atas tempat yang paling ditakuti oleh semua manusia yaitu tempat bersemayamnya roh orang mati. Sangat sedikit manusia yang mengenal Hades, bahkan lebih banyak manusia yang membencinya dan takut padanya. Tapi Hades eksis dalam Tartarusnya. Eksis dalam kegelapan dan kemisteriusan.

Semua cerita diatas hanyalah cerita dalam mitologi Yunani saja. Penggambaran mitologi Yunani sangat jelas dapat dibaca misalnya dalam karya Homerus yaitu Iliad dan Odyssey, dan juga pengarang mitologi Yunani yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar